↑ Kembali ke Layanan Penunjang

Unit Hemodialisa

Apa itu Hemodialisa

Hemodialisa adalah proses pembersihan darah oleh akumulasi sampah buangan. Hemodialisis digunakan bagi pasien dengan tahap akhir gagal ginjal atau pasien berpenyakit akut yang membutuhkan dialysis waktu singkat (DR. Nursalam M. Nurs, 2006). Haemodialysis adalah pengeluaran zat sisa metabolisme seperti ureum dan zat beracun lainnya, dengan mengalirkan darah lewat alat dializer yang berisi membrane yang selektif-permeabel dimana melalui membrane tersebut fusi zat-zat yang tidak dikehendaki terjadi. Haemodialysa dilakukan pada keadaan gagal ginjal dan beberapa bentuk keracunan (Christin Brooker, 2001). Hemodialisa adalah suatu prosedur dimana darah dikeluarkan dari tubuh penderita dan beredar dalam sebuah mesin diluar tubuh yang disebut dialyzer. Prosedur ini memerlukan jalan masuk ke aliran darah. Untuk memenuhi kebutuhan ini, maka dibuat suatu hubungan buatan diantara arteri dan vena (fistula arteriovenosa) melalui pembedahan (www.medicastore.com) .

Tujuan

  • Menggantikan fungsi ginjal dalam fungsi ekskresi, yaitu membuang sisa-sisa metabolisme dalam tubuh, seperti ureum, kreatinin, dan sisa metabolisme yang lain.
  • Menggantikan fungsi ginjal dalam mengeluarkan cairan tubuh yang seharusnya dikeluarkan sebagai urin saat ginjal sehat.
  • Meningkatkan kualitas hidup pasien yang menderita penurunan fungsi ginjal.
  • Menggantikan fungsi ginjal sambil menunggu program pengobatan yang lain

Manfaat Hemodialisa

Hemodialisis dapat meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan harapan hidup pasien. Akan tetapi hemodialisysmemberikan hanya sekitar 10% dari fungsi ginjal normal dan tidak bisa menyembuhkan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Cuci darah juga belum terbukti mampu mengembalikan atau memperpendek waktu pemulihan pada cedera ginjal akut.

NAMA BANGSALUNIT HAEMODIALISA
UPFRJTL-Penyakit Dalam
KelasNon Kelas
Jumlah Tempat Tidur8
Fasilitas7 Mesin Regular
1 Mesin Isolasi (HBSAG)
2 Mesin Cadangan
Dokterdr. Julian Karundeng, Sp.PD
dr.. H. Eman Sulaeman, Sp.PD
dr. Siska, Sp.PD
Kepala RuanganBurhanudin, SKM
Wk. Kepala RuanganSutriaman, AM.Kep
Jumlah Perawat7 Orang
Administrasi1 Orang
Cleaning Service1 Orang
Visimenjadi Instalasi Haemodialisa yang profesional, manusiawi dan berkualitas
MisiMenyelenggarakan pelayanan Haemodialisa dan terjaminnya kualitas hidup pasien dialysis
Tersedianya fasilitas haemodialisis yang sesuai dengan standart
Meningkatkan kesejahteraan pihak-pihak terkait

Top