Setelah melewati fase demam, pasien demam berdarah akan mengalami fase kritis. Nah, fase ini biasanya menjadi ‘pengecoh’ karena penderita merasa sembuh dan dapat melakukan aktivitas kembali. Pasalnya, fase kritis ini ditandai dengan penurunan suhu tubuh hingga 37 derajat celcius ke suhu normal. Padahal yang yang terjadi adalah trombosit pasien akan terus menurun secara drastis dan dapat mengakibatkan perdarahan yang sering tidak disadari. Oleh sebab itu, pasien harus cepat ditangani oleh tim medis karena fase kritis ini berlangsung tidak lebih dari 24-38 jam.

Pada masa trnasisi antara fase demam dan fase kritis pasien sangat beresiko terjadinya kebocoran pembuluh darah yang ditandai dengan muntah-muntah, mimisan, pembesaran organ hatim dan nyeri pertu.

3. Fase penyembuhan

Pada fase penyembuhan pednerita kembali akan merasakan demam, namun itu adalah hal biasa karena pada ase ini trombosit akan perlahan naik dan normal kembali. Penderita akan mengalami pengembalian cairan tubuh secara perlahan pada 48-72 jam setelahnya.

Pada fase ini juga pelan-pelan nafsu makan pasien kembali pulih, nyeri pertu mulai berkurang, dan fungsi diuretik semakin membaik, julah sel darah putih kembali normal dan dilanjutkan dengan pemulihan jymlah trombosit.

Cara menaikkan trombosit melalui bahan makanan sehat adalah :

1. Jambu biji

Buah jambu kaya akan vitamin C. Untuk meningkatkan trombosit Anda bisa mengkonsumsi jambu biji dengan cara langsung dimakan atau dijus.

2. Bayam

Bayam kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan oleh tubuh bisa ditempuh untuk jadi cara menaikkan trombosit. Cara menaikkan trombosit dengan daun bayam adalah dengan merebus 5 daun bayam dengan 2 gelas air. Rebus hingga air menguap dan tinggal 1 gelas. Minum airnya. Lakukan setiap hari.

3. Biji-bijian

Vitamin B9 yang ada pada hampir semua biji-bijian dapat jadi cara menaikkan trombosit dalam darah Anda.

4. Kacang-kacangan

Almond, kacang tanah, walnut, pistachio, berbagai kacang-kacangan lainnya mengandung vitamin D, K, dan fibrinogen yang membantu penyerapan kalsium sehingga bisa jadi cara menaikkan trombosit.

Sumber referensi :

(Visited 10 times, 1 visits today)