Dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat terutama pelayanan kepada pasien rawat inap, pelayanan Gigi dan Mulut serta pelayanan laboratorium, manajemen Rumah Sakit Umum Kota Banjar melakukan rekrutmen penambahan pegawai untuk tenaga Perawat, Terapis Gigi & Mulut dan Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Non PNS.

Penambahan SDM Non PNS  ini dilakukan guna mencukupi kebutuhan ketenagaan kesehatan yang saat ini kurang memenuhi standar pelayanan. Kekurangan tenaga kesehatan ini dikarenakan berbagai hal seperti adanya Tenaga Kesehatan (Nakes) yang memasuki masa pensiun,  mutasi pegawai, promosi jabatan, dan meninggal dunia. Khawatir terjadi hambatan pelayanan kepada pasien, Jajaran Direksi RSU Kota Banjar segera membentuk tim untuk melakukan analisa kebutuhan pegawai dan hasilnya dibutuhkan 48 orang Nakes  yang terdiri atas :

  1. Perawat  Ners sebanyak  18 Orang
  2. Perawat DIII sebanyak  24 Orang
  3. Terapis Gigi dan Mulut DIII sebanyak 1 Orang
  4. Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) sebanyak 5 orang

Setelah melalui berbagai macam pertimbangan, akhirnya Surat Pengumuman dengan Nomor 445/7637/RSU tertanggal 15 Juli 2020 di tandatangani Direktur RSU Kota Banjar  dan  dipublikasikan melalui surat kabar resmi dan website resmi rsud.banjarkota.go.id keesokan harinya.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa  dikarenakan masih dalam masa Pandemi COVID19 dan diberlakukannya Adaptaasi Kebiasaan baru (AKB ) atau yang lebih populer dengan istilah New Normal, penerimaan pegawai Non PNS ini dilakukan secara online dan tidak melalui seleksi Akademik dan wawancara seperti yang pernah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.  Peserta yang berminat mengikuti seleksi  cukup  mengisi dan mengirimkan file yang ditetapkan oleh panitia.

Pendaftaran dan pemasukan berkas secara Online dimulai dari tanggal 15 Juli 2020 s.d Tanggal 22 Juli 2020 jam 24.00

.Selanjutnya  berkas-berkas yang masuk akan diproses oleh Panitia yang dibagi kedalam 3 (Tim) yakni tim verifikasi berkas, tim penilai dan tim penetap. Pada Tim I akan dilakukan seleksi berkas. Berkas yang memenuhi syarat  yang telah ditentukan akan diserahkan kepada Tim II sedangkan berkas yang tidak memenbuhi syarat akan menjadi Dokumen Rumah Sakit.

Sebanyak 248 peserta yang telah mengirimkan berkas secara online, ada beberapa diantaranya yang mengrimkan lebih dari satu kali berkas sehingga setelah diperiksa hanya ada 228  berkas yang akan di verifikasi. dari 228 sebanyak 141 berkas memenuhi syarat dan 87 berkas tidak memenuhi syarat

Berkas yang masuk pada Tim II selanjutnya akan diberi skor dengan berpatokan pada nilai pembobotan yang telah ditetapkan Panitia. adapan Variable yang menjadi penilaian diantaranya adalah IPK, Akreditasi Kampus, Pengalaman kerja, Zonasi Kota Banjar dan luar Kota Banjar dan kepemilikan  sertifikat pelatihan khusus yang diprioritaskan Rumah Sakit.

Tim yang diketuai oleh Wakil Direktur Umum & Keuangan, Redi, S.Kep.,Ners.,M.M.Kes tersebut bekerja dengan sangat teliti agar tidak ada pihak yang rugikan, setelah masing-masing peserta yang memenuhsi syarat diberikan skor/penilaian, selanjutnya memasuki tahap perangkingan. Tim II menentukan  peserta-peserta dari nilai tertinggi sesuai peringkat untuk diambil dan ditetapkan menjadi peserta yang lulus atau diterima. 

Selanjutny daftar peserta yang lulus tersebut diserahkan kepada Tim III yakni jajaran Direksi yang terdiri dari Direktur RSU drg. Eka Lina Liandari, M.MRS, Wakil Direktur Pelayanan Purjon, S.Kep.,Ners.,M.M.Kes.,M.H.Kes dan Wakil Direktur Umum & Keuangan Redi, S.Kep, M.M.Kes.

Pengumuman peserta yang lulus dipublikasi melalui website resmi RSU Kota Banjar pada tanggal 28 Juli 2020, dan selanjutnya peserta yang lulus tersebut wajib mengikuti Verfikasi dengan membawa berkas Asli dan registrasi serta  mengikuti tahap selanjutnya yaitu Orientasi yang diselenggarakan kurang lebih selama 1 (satu) Bulan untuk beradaptasi dengan lingkungan RSU.

Proses penerimaan Pegawai dari Awal sampai akhir berjalan dengan baik tanpa ada hambatan apapun, serta memenuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). (Dd)

(Visited 129 times, 1 visits today)