Bimbingan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit, bersama Dr. Ismojo Djati, MSc

Dalam kegiatan bimbingan Edisi perdana ditahun 2018 ini, Direktur RSU Kota Banjar  dr. H. Herman, M.Kes dalam sambutannya memaparkan tentang Profile RSU Kota Banjar, diantaranya tentang kepegawaian, pelayanan, penunjang, pendapatan sampai dengan sarana prasarana Rumah Sakit. beritindak sebagai pembawa acara dalam kegiatan ini adalah Hj. Muntiati, SP.,M.Kes yang juga menjabat sebagai Kasubag HPPI RSU Kota Banjar.

Suveior Akreditasi Rumah Sakit (KARS)

Dr. Ismojo Djati, MSc

Dr. Ismojo Djati, MSc merupakan Dokter senior yang telah berpengalaman sebagai Dokter Pertamina, Kepala Kesehatan Pertamina, Direktur Utama PT. Petamina Bina Medika (PERTAMEDIKA) yang saat ini menjadi Surveior Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan juga sebagai anggota TIPKM.

Dalam pemaparan awalnya Dr. Ismojo menyampaikan bahwa Akreditasi rumah sakit adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan, setelah dinilai bahwa rumah sakit itu memenuhi standar pelayanan rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit secara berkesinambungan (Permenkes No.12 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit).

Rumah sakit wajib melakukan akreditasi dalam upayanya meningkatkan mutu pelayanan secara berkala setiap 3 (tiga) tahun sekali. Hal ini tercantum dalam undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, pasal 40 ayat 1, menyatakan bahwa, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali. Akreditasi wajib bagi semua rumah sakit baik rumah sakit publik/pemerintah maupun rumah sakit privat/swasta/BUMN.

terlebih lagi pada tahun 2018  Komisi Akredirasi Rumah Sakit (KARS) menetapkan tiga syarat baru dalam pemenuhan akreditasi Rumah Sakit.  Tiga syarat baru itu di antaranya tiap-tiap RS harus memiliki layanan Geriatri untuk pasien lanjut usia (lansia), Pola Penggunaan Rasional Antibiotik (PPRA) dan terakhir RS terintegrasi pendidikan dan pelayanan, ini khususnya RS pemerintah,

Dalam 3 hari kedepan Dr. Ismojo Insya Allah akan berada di RSU Kota Banjar dalam rangka mewujudkan Misi RSU Kota Banjar yakni mengupayakan terpenuhinya pencapaian  standar pelayanan rumah sakit Umum Kota Banjar.

 

 

Top