RSUD –  Wali Kota Banjar DR. Hj. Ade Uu Suakesih, S.IP.,M.Si meresmikan dan menandatangani Prasasti dibukanya layanan Laboratorium Kateterisasi Jantung dan Pembuluh Darah RSUD Kota Banjar pada hari Senin 23 November 2020 bertempat di Aula Lt III RSUD Kota Banjar. Penandatangan tersebut didampingi  langsung oleh Kapolres Kota Banjar, Direktur RSUD, dr. Asep Sopandiana, Sp.JP, serta tamu yang hadir di ruangan tersebut.

Acara yang bertajuk ” Grand Opening Layanan Kateterisasi Jantung dan Pembuluh Darah (Cathlab) RSUD Kota Banjar” tersebut  turut disaksikan pula oleh tamu undangan yang tidak bisa hadir melalui aplikasi Zoom.

Direktur RSUD Kota Banjar  drg. Eka Lina Liandari, M.MRS dalam sambutannya menyampaikan layanan Cathlab ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat bukan hanya dari Kota Banjar tetapi juga dari daerah tetangga seperti Pangandaran, Ciamis, Cilacap dan Tasikmalaya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang layanan Cathlab yang disampaikan langsung oleh dr. Asep Sopandiana, Sp.JP, dalam presentasinya beliau menyampaikan bahwa banyak masyarakat merasa takut  dilakukan keteterisasi jantung, padahal proses tersebut tidak terlalu menimbulkan sakit dan aman untuk dilakukan bahkan pasien sendiri dapat melihat dari monitor kondisi pembuluh darahnya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Wali Kota Banjar Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP.,M.Si, beliau menyampaikan bahwa perjuangan sebagai Kepala Daerah untuk menyediakan layanan Cathlab bagi masyarakat ini Alhamdulillah tidak sia-sia, Pemerintah Kota Banjar akan terus berkomitmen untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.”

Unit Layanan Lab Kateterisasi Jantung dan Pembuluh Darah tersebut menggunakan mesin GE Inova IGS 520 Tipe 2216450 Adalah tipe terbaik. dengan izin dari BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir) Nomor: 072866.010.11.220218 Tentang izin pemanfaatan tenaga nuklir penggunaan dalam radiologi diagnosti dan intervensi.

Dengan didukung oleh Dokter dengan keahlian Intervensi Kardiologi serta Perawat yang terlatih dengan juga ketersedian ruang perawatan HCCU dan ICU RSUD Kota Banjar siap melayani pasien dengan indikasi Kateterisasi jantung.

Tercatat hingga November 2020 Unit Layanan Cathlab telah melayani pasien  dengan CAG  66 pasien, PCI 138 Pasien, POBA 3 Pasien, TPM 5 Pasien, Pericardiosintesis 2 pasien, IABP sebanyak 1 pasien. 

Kita semua berharap untuk tetap dalam keadaan sehat tetapi manakala kita sakit, melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta dukungan fasilitasi pelayanan kesehatan yang memadai.  Dan jangan lupakan 3 M, mencuci tangan , Menggunakan masker dan Menjaga jarak. (PKRS)

(Visited 160 times, 1 visits today)