Pengertian

Merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan tekanan darah secara mendadak biasanya pada keadaan seseorang berdiri dari duduk atau berbaring. Hal yang umum dirasakan biasanya adalah kepala pusing bahkan pada beberapa orang terjadi pingsan,  kejadian pusing biasanya tidak terlalu lama hanya beberapa menit saja, tetapi jika terjadi pada waktu yang lama itu menandakan keadaan yang serius. timbulnya rasa pusing pada kepala dikarenakan  tekanan darah menurun, dan respons alami tubuh dalam mengembalikan tekanan darah menjadi normal mengalami gangguan.

Gejala

Gejala yang biasa terjadi adalah; pandangan kabur,  lemas, pingsan, bingung, mual, sakit kepala, terasa nyeri di dada, terasa nyeri di leher dan bahu.

Gangguan respon tubuh tersebut diduga terjadi karena adannya fungsi jantung yang tidak normal, gangguan endokrin, kekurangan cairan tubuh (Dehidrasi), adanya gangguan sistem persarafan seperi parkinsonn, kondisi setelah makan biasanya terjadi pada lansia, penggunaan obat tertentu, lingkungan yang bersuhu panas, tidak melakukan atifitas atau olahraga, kondisi sedang hamil, dan konsumsi alkohol.

Pemeriksaan Penunjang Medis

Beberapa pemeriksaan penunjang medis dianjurkan oleh Dokter untuk menentukan kepastian diagnosa, diantaranya adalah Pemeriksaan Darah seperti kadar gula, kadara sel darah merah, cek EKG untuk mendeteksi sinyal listrik di jantung serta  Ekokardiogram untuk menggambarkan ukuran, fungsi jantung dan gerakan jantung.

Pengobatan dan Pencegahan

Pengobatan lebih ditekankan untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal melalui peningkatkan volume darah, dan membantu melancarkan  sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, tidak minum alkohol, gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga sesuai kemampuan tubuh, pola makan dengan asupan gizi yang berimbang.

Materi di atas merupakan materi penyuluhan yang disampaikan oleh dr. Bayu bertempat di ruang tunggu poliklinik jantung. Tujuannya supaya masyarakat tau, mau dan mampu menolong dirinya sendiri terutama dalam hal pencegahan melalui gaya hidup yang sehat.

Kegiatan Penyuluhan yang didukung oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit itu menghadirkan pula Komite  PPI (pencegahan dan pengendalian Infeksi)  mengingat Rumah Sakit adalah gudangnya penyakit yang memungkinkan terjadinya penularan sehingga diharapkan mereka tau dan mampu menghindari dari tertularnya penyakit.

Kegiatan penyuluhan yang juga melibatkan Tim Ahli Gizi RSU dibuka oleh Dede Arif Rahman, SKM Kepala Instalasi PKRS dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan peserta yang kebanyakan adalah pasien yang sedang menunggu antrian di Poliklinik jantung. Tampak antusiasme mereka dalam berkonsultasi masalah kesehatan, tidak kurang dari 5 penanya langsung “curhat” tentang kondisi penyakitnya seusai dr. Bayu memaparkan materinya.

Kedepannya Insya Allah akan diselenggarakan penyuluhan secara rutin di berbagai tempat terutama di poliklinik yag sarat dengan pengunjung, kegiatan ini meruapakan salah satu program PKRS yang bertujuan menyebarluaskan informasi kesehatan kepada masyarakat rumah sakit, agar terhindar dari penyakit, dan mampu menjadi kader kesehatan bagi keluarganya.

(Visited 335 times, 1 visits today)