Apa Itu Nyeri Kepala

Nyeri Kepala adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan di daerahn kepala akibat segala hal yang merusak atau berpotensi mengakibatkan struktural.

Jenis-jenis Nyeri Kepala

  1. Nyeri Kepala Tengangan Otot (Tension Type Headache): Nyeri terasa berat seperti diikat, ditekan, tegang dam seperti terbebani, biasanya didaerah depan dan tengkuk kadang-kadang dapat menyeluruh selama 30 menit dapat sampai 7 hari. Dan berkurang saat beristirahat.
  2. Nyeri Kepala Klaster (Cluster headache) : Nyeri kepala hebat di daerah mata dan kepala berlangsung 15 s.d 180 menit bila tidak diobati dalam dua haru bisa hingga delapan kali perhari. nyeri kepala biasanya disertai mata merah satu sisi, bengkak dan mengeluarkan air mata dan keluar cairan  pada hidung satu sisi.
  3. Migrain; Nyeri kepala berlangsung antara 4-72 jam, minimal 10 kali serangan diantara serangan tidak ada nyeri kepala, sifatnya mendenyut dan diperberat oleh kegiatan fisik.

Pencegahan :

  1. Istirahat yang cukup,
  2. Makan yang bergizi dan teratur
  3. Olahraga teratur
  4. Kelola stress
  5. Mencari tahu penyebab nyeri kepala dan menghindarinya

 

Materi Nyeri kepala di atas merupakan materi yang terdapat pada leflet pada kegiatan penyuluhan yang dimotori oleh Instalasi PKRS dengan melibatkan dr. Fuad Hani, Sp.S.,M.Kes sebagai Narasumber sekaligus pembimbing stase Neurologi bagi dokter muda Universitas Muhammadiyah Jakarta yang pada saat ini.  nara sumber selanjutnya adalah dari Syifa Rahmawati Putri, S.Ked yang merupakan salah satu dari 6 (enam) dokter muda yang sedang melaksakan Praktik Coas di RSU Kota Banjar.

Ke Enam dokter muda yang sedang praktek tersebut adalah Afina Insani Pracoyo, S.Ked, Kriswindari  Kusmawan, S.Ked., Utari Hanggialevi, S.Ked, Sri Febriyanti Dewi, S.Ked, Kusuma Intan, S.Ked, dan Syifa Rahmawati Putri, S.Ked, atas bimbingan dr. Fuad Hanif, Sp.S.,M.Kes mereka melaksanakan praktek Coas  Neurologi di RSuUKota Banjar.

Penyuluhan yang dilaksanakan di  tuang tunggu klinik saraf itu berjalan lancar dengan kehadiran peserta pada saat itu lebh dari 20 orang peserta, mereka tampak antusias mengikuto acara penyuluhan yang dipandu oleh Dede Arif Rahman, SKM (Kepala Instalasi PKRS)  tersebut apalagi disedaikan doorpize menarik bagi peserta yang mampu menjawab pertanyyan yang diajukan oleh pemateri dengan jawaban yang benar.

Pelaksanakan Penyuluhan ini merupakan agenda kegiatan PKRS yang berkolaborasi dengan disipilin ilmu lain yang dalam kegiatan kali bekerja sama dengan instalasi gizi.

Penyuluhan 5 juli 2019-2
Penyuluhan 5 juli 2019
Penyuluhan 5 juli 2019-3
(Visited 390 times, 1 visits today)