Selasa, 8 November 2022, bertempat Gedung aula lantai III, RSU Kota Banjar memulai rangkaian kegiatan Re-Akreditasi tahun 2022. Akreditasi Rumah Sakit yang dipercayakan pada Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) ini akan berlangsung selama tiga hari.

Acara pembukaan survei Akreditasi pada hari pertama  diselenggarakan secara luring untuk tamu undangan, dan Rumah Sakit, serta  secara daring untuk para surveior yang ditugaskan ke RSU Banjar yaitu dr Zainal Abidin.Sp.THT, dr Atikah Zaki .MARS,  dan Ujeng.S.Kep.Ners.M.Kes. 

Hadir pada acara pembukaan tersebut  Sekretariat Daerah Kota Banjar DR.Drs.H. Ade Setiana, M.Pd, Ketua Dewan Pengawas Rumah Sakit Drs.H.Rachwan, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr. H. Andi Bastian, M.M dan juga tamu undangan lainnya, yang di dampingi Direktur RSU Kota Banjar dr. H. Agus Budiana Ekaputra.

Re-Akreditasi Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Banjar tahun 2022 kali ini merupakan akreditasi ulang, karena pada tahun 2018 RSU Kota Banjar pernah melaksanakan Akreditasi dan mendapatkan predikat Utama bintang 4 dari KARS.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 012 tahun 2012 tentang Akreditasi Rumah Sakit yang dimaksud dengan Akreditasi Rumah Sakit adalah pengakuan terhadap Rumah Sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri, setelah dinilai bahwa Rumah Sakit itu memenuhi Standar Pelayanan Rumah Sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit secara berkesinambungan. Tujuan Akreditasi itu sendiri adalah : 

  1. Meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit;
  2. Meningkatkan keselamatan pasien Rumah Sakit;
  3. Meningkatkan perlindungan bagi pasien, masyarakat, sumber daya manusia Rumah Sakit dan Rumah Sakit sebagai institusi;
  4. Mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Selepas pembukaan dilanjutkan dengan diskusi tertutup antara surveior dengan Sekretaris Kota Banjar, Direktur dan Dewan Pengawas. sementara kelompok kerja (POKJA) Akreditasi mempersiapkan dokumen yang akan diperiksa oleh tim Surveior. 

Konfirmasi Dokumen dibagai menjadi tiga kelompok yakni Manajemen. Medis dan Keperawatan, yang masing-masing berbeda tempat. Konfirmasi dokumen tersebut dilaksanakan secara daring dengan melibatkan penyedia multimedia dari Tasikmalaya berjalan dengan sangat lancar.

Memasuki hari ke-2 dan ke-3 tim Surveior bergerak langsung meninjau lokasi RSU Kota Banjar dari mulai Manajemen ,Ruangan rawat inap, Instalasi Pelayanan, Instalasi penunjang. SDM bahkan pasien dan mahasiswa juga tidak luput dari pertanyaan Surveior. hal tersebut dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana RSU Kota Banjar melaksanakan standar yang telah ditetapkan dalam memenuhi mutu pelayanan kepada Pasien.

Menjelang penutupan pada Hari Ke-3 diperagakan simulasi Code Red dan Code Blue yang disiarkan secara langsung dari tempat simulasi dan disaksikan langsung oleh tim Surveior di aula Lantai III, selanjutnya dilaksanakan Santiaji yang diketuai oleh dr Zainal Abidin.Sp.THT, dilanjutkan dengan tanggapan oleh Direktur RSU dan tutup.

Pada seegment penutupan Ketua Surveior mengajak seleuruh yang hadir untuk bernyanyi bersama dalam suasana yang khidmat dan diakhir dengan foto bersama.

 

 

 

(Visited 21 times, 2 visits today)