WORKSHOP NEUROGENIC BOWEL-BLADDERDYSFUNCTION CARE

Gangguan fungsi berkemi dan defekasi sering terjadi pada pasien-pasien dengan keperawatan di rumah sakit, terutama fase akut dari kondisi tertentu seperti paska operasi besar, perawatan pasien di ICU, gangguan neurologis. Gangguan tersebut merupakan hendaya yang dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran kemih bagian bawah dan atas, batu saluran kemih, refluks vesikoureteral hingga ulkus tekan dan komplikasilainnya.

Paragraf diatas merupakan kutipan yang melatar belakangi kegiatan Workshop Dokter Umum dan Perawat dengan tema “Neurogenic Bowel Bladder Dysfunction Care”  yang diselenggarakan pada tanggal 15 – 16 Agustus 2017 bertempat di Aula RSU Kota Banjar Lantai 3.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas Perawat dan Dokter dalam pengelolaan fungsi berkemih dan defekasi  khususnya bagi pasien-pasien yang sedang menjalani rawat inap.

Workshop  ini diikuti sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari 14 Dokter Umum dan 26 orang Perawat yang bertugas di ruang perawatan rawat inap. Serta menghadirkan Pemateri  diantaranya adalah kepala Instalasi Rehabilitasi Medik RSU Kota Banjar dr. Tina Suilawati, SPKFR serta Pemateri  dari Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung/Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung diantaranya adalah  Dr,dr Vitriana, SPpKFR, dr Novitri, SpKFR  dan dr, Farida Arisanti, SpKFR.

Ada beberapa Materi penting yang disampaikan oleh Pemateri diantaranya adalah :

  1. Kewenangan Klinis dalam Tatalaksana Disfungsi Bladder dan Bowe oleh dr. Vitriana, SpKFR
  2. Anatomi Baldder System oleh dr. Tina Suslawati, SpKFR
  3. Fisiologi Bladder System oleh dr.Novitri SpKFR
  4. Neurogenid Lower Urinary Tract Dysfunction oleh dr. Vitriana, SpKFR
  5. Neurigenic Bladder Care 1 dan 2 oleh dr. Farida, SpKFR
  6. Anatomi Bowel System  oleh dr. Tina, SpKFR
  7. Fisiologi Bowel oleh dr. Novitri, SpKFR
  8. Neurogenic Bowel oleh dr. Vitriana SpKFR dan dr. Farida Arisanti, SpKFR
  9. Neruogenci Bowel Care 1 dan 2 oleh dr. Faria, SpKFR

Disamping penyampaian materi seperti di atas Workshop, ini juga diselingi dengan kegiatan Pre-test dan Post-test untuk mengevaluasi sejauh efektifitas materi yang diterima oleh peserta, serta kegiatan Diskusi dan Ishoma.

Bertindak sebagai Pelindung kegiatan Workshop ini adalah Direktur RSU Kota Banjar, Penasihat Wakil Direktur Pelayanan,  serta didukung oleh Panitia Pelaksana yang diketuai oleh dr. Tina Susilawati, SpKFR. Worskshop ini akan berakhir pada tanggal 16 Agustus 2017 tepat pukul 15.00 WIB, dengan harapan dapat memberikan wawasan pengetahuan serta keterampilan  bagi Dokter dan Perawat dalam menjalankan tugas kesehariannya di ruang rawat inap RSU Kota Banjar.

 

 

Top