Layanan Rawat Inap Ruang VIP

Rawat inap (opname) adalah istilah  proses perawatan, pengobatan, rehabilitasi  bagi  pasien oleh tenaga kesehatan profesional akibat penyakit tertentu, di mana pasien diinapkan di suatu ruangan di rumah sakit sesuai dengan kelompok penyakitnya dalam upaya penyembuhan,  selama proses rawat inap pasien akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan Dokter, Pemeriksaan Penunjang (laboratorium/rontgen, dsb),  perawatan, pelayanan konsultasi gizi, pelayanan farmasi. Dalam penentuan tempat rawat inap sesuai dengan fasilitas ruanganya dibagai menjadi kelas VVIP, Kelas VIP, Kelas Utama, kelas I, Kelas II dan Kelas III serta Non Kelas.

 

Tips Persiapan Sebelum Rawat Inap

1. Hubungi  perusahaan asuransi

Sebelum daftar rawat inap, baiknya Anda hubungi dulu konsultan asuransi kesehatan tempat Anda mendaftar. Mereka akan menjelaskan berbagai hal yang perlu Anda urus dan siapkan. Selain itu, mereka juga akan memberitahukan Anda apakah biaya perawatan tersebut sepenuhnya ditanggung sesuai perjanjian, atau justru ada biaya lain yang perlu Anda bayarkan. Maka, usahakan untuk gali lebih dalam seputar detail pelayanan kesehatan yang difasilitasi oleh asuransi Anda.

Sebelum pergi ke rumah sakit, Anda perlu mempersiapkan barang bawaan pribadi yang dibutuhkan. Pastikan untuk membawa semua kebutuhan seperti:

  • Kartu Rekam Medik RSU Kota Banjar
  • Identitas pribadi pasien dan pendamping pasien seperti KTP, baik asli maupun fotokopi.
  • Kartu asuransi kesehatan asli dan fotokopi.
  • Membawa rekam medis yang berkaitan dengan perawatan Anda saat ini, seperti hasil X-ray, hasil tes darah, dan sebagainya.
  • Surat rujukan dari fasilitas kesehatan sebelumnya (jika ada).
  • Obat-obatan yang sedang dikonsumsi.
  • Perlengkapan pribadi pasien seperti pakaian ganti, dan peralatan mandi seperti sikat gigi, handuk, dan sabun.

3. Persiapkan biaya tak terduga

Meskipun sudah memiliki asuransi kesehatan tetapi mempersiapkan biaya tidak terduga menjadi hal yang wajib dimasukkan dalam daftar persiapan. Terkadang ada hal-hal tertentu di luar perjanjian asuransi yang ternyata diperlukan. Hal ini membutuhkan biaya yang perlu Anda persiapkan dari kantong pribadi.

Misalnya, jika ternyata kamar yang sesuai dengan perjanjian di polis tidak tersedia, Anda bisa memilih apakah ingin naik satu tingkat di atas atau turun satu tingkat di bawahnya. Jika Anda ingin naik kelas, maka Anda harus siap menanggung sisa biaya kamar.

Selain itu jika Anda menggunakan fasilitas asuransi pemerintah seperti BPJS Kesehatan dan membutuhkan obat yang ada di luar daftar yang dibiayai, maka Anda juga perlu mengeluarkan biayanya sendiri.

4. Ikuti prosedur yang berlaku

Jika Anda memiliki asuransi, sebenarnya Anda tidak lagi perlu khawatir dengan masalah pembiayaan. Namun ada beberapa kasus dimana peserta asuransi kesehatan swasta maupun pemerintah seperti BPJS tidak bisa mengklaim biaya perawatan dan harus menanggung sendiri pembayarannya karena salah prosedur.

Hal ini biasanya diakibatkan karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki mengenai asuransi kesehatan yang Anda miliki. Oleh karena itu, usahakan untuk memahami betul prosedur klaim penggantian uang yang berlaku untuk opname dan pastikan untuk mengikuti alur birokrasinya dengan benar.

(Visited 565 times, 7 visits today)