Bangsal Melati adalah ruangan perawatan bagi pasien anak-anak, dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dan tenaga profesional Dokter Spesialis anak serta Perawat Profesional.

Ruang melati menyediakan dalam tiga kelas perawtan yakni kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 serta dilengkapi ruang perawatan khusus pasien Thalasemia

dr. Nia Adriani, Sp.A

dr. Nia Adriani, Sp.A

Dokter Spesialis Anak
dr. Rd. Mahesa Suryanagara K.D,Sp.A

dr. Rd. Mahesa Suryanagara K.D,Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Berikut beberapa panduan mempersiapkan Si Kecil menjalani pengobatan rawat inap yang nyaman:

  • Sediakan semua kebutuhannya
    Penting untuk menyediakan semua hal yang diperlukan anak selama menjalani rawat inap di rumah sakit. Ada beberapa persiapan sebagai kebutuhan penting saat rawat inap bagi anak, antara lain asuransi, buku rekam medis anak yang mencakup catatan daftar imunisasi dan pengobatan, pakaian ganti yang nyaman serta mudah dikenakan dan dilepas, jaket atau baju hangat, alas kaki, alat mandi, bantal tambahan, selimut favorit atau boneka yang dapat membuatnya istirahat lebih nyaman.
  • Jelaskan situasi kamar tempat menginap
    Penting untuk mendeskripsikan kamar rawat inap yang akan ditempati anak, terutama jika dia perlu berbagi ruangan dengan anak lain. Kamar yang dapat ditempati seorang diri biasanya lebih mahal dibandingkan dengan yang berbagi. Informasikan mengenai ada atau tidak adanya TV, dan apakah dia perlu berbagi kamar mandi dengan pasien lain. Sebagian besar rumah sakit menyediakan tempat bagi pendamping pasien untuk menginap. Kecuali di ruang isolasi atau ICU, maka tempat pendamping mungkin terpisah dari pasien.
  • Perkenalkan siapa saja yang akan terlibat dalam perawatannya
    Perawat atau suster sering kali menjadi orang yang pertama dan paling sering ditemui anak sebelum dan sepanjang rawat inap. Suster juga yang akan menanyakan gejala, riwayat kesehatan, mengukur suhu, tekanan darah, detak jantung dan memberikan obat. Informasikan kepada anak bahwa dia sendiri dapat memanggil perawat melalui tombol yang biasanya terdapat di sisi tempat tidur. Beri tahu bahwa dokter dan para perawat akan membantu mereka segera pulih dari sakit.
  • Cek kesehatan
    Informasikan bahwa anak tidak perlu takut jika hendak diperiksa oleh dokter maupun perawat. Begitu pula ketika diminta untuk menempatkan urine dalam wadah khusus atau jika sampel darahnya diambil. Beri tahu bahwa ini adalah bagian dari pemeriksaan untuk mengetahui penyebab penyakitnya. Bisa jadi juga diterapkan pemeriksaan lain sesuai gejala, seperti foto Rontgen, CT scan dan MRI.

Sumber: https://www.alodokter.com/persiapkan-si-kecil-sebelum-menjalani-rawat-inap

Pasien rawat jalan :

  1. melakukan pendaftaran
  2. menuju poli thalassemia (thalassemia center)
  3. pemeriksaan perawat
  4. pemeriksaaan dokter anak/ internis
  5. pengambilan alkes dan obat kelasi besi
  6. pemeriksaan laboratorium
  7. pelayanan tindakan infus dan pengambilan sample untuk ke bank darah
  8. sample di antar oleh keluarga dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan
  9. cek hasil laboratorium (bila HB kurang dari 9,0 gram DL)
  10. Pemasangan transfusi darah
  11. Observasi reaksi selamam pemasangan transfusi

Rawat inap:

  1. bila poin ke 9 ternyata ditemukan hasil HB kurang dari 6,0 gram DL pasien dinyatakan perlu rawat inap
  2. membuat pengantar rawat inap yang sudah ditanda tangani oleh dokter

keluarga menghubungi admisi untuk membuat buku rekam medik