Bangsal atau Ruangan Tanjung merupakan ruang perawatan bagi pasien-pasien dengan gangguan kejiwaan, ada sebanyak 6 tempat tidur dan dua kamar diantaranya adalah kamar isolasi yang diperuntukan basi pasien-pasien dengan gangguan jiwa akut.

Kami hadir dengan pelayanan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa atau biasa disebut dengan Psikiater, serta tenaga Perawat Profesional dibidangnya.

Selain Profesional Pemberi Asuhan Dokter dan Perawat, kami juga didukung dengan tenaga kesehatan lainnya seperti nutrisionis, ahli laboratorium dan Dokter konsulen lainnya jika pasien yang bersangkutan didiagnosa penyakit selain penyakit kejiwaan.

Biaya setara dengan Kelas II sebesar Rp. 112.500,-/Hari. perawatan disini juga dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan disini.

Alasan utama pasien dengan gangguan kejiwaan membutuhkan penanganan khusus di ruang Tanjung ini adalah : 

  • Memastikan bahwa kondisi pasien dapat dievaluasi lebih ketat.
  • Mendapatkan supervisi agar pasien tidak membahayakan dirinya sendiri atau orang lain.
  • Memberikan perawatan yang lebih menyeluruh seperti pemenuhan kebutuhan gizi dan sosial.
  • Memonitor respons pasien terhadap pengobatan dan terapi

Kriteria Pasien yang Harus Dirawat 

Ada beberapa kriteria pasien yang diharuskan menjalani perawatan di rumah sakit jiwa, yaitu:

  • Pasien menunjukkan gejala dan niat melakukan bunuh diri. Termasuk kecenderungan untuk melukai diri sendiri atau orang lain.
  • Pasien dengan gejala psikosis atau gangguan halusinasi.
  • Pasien tidak bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan baik secara mandiri.
  • Pasien tidak aman jika dibiarkan tanpa pengawasan ketat.
  • Pasien terlantar yang tidak mendapat perawatan di luar rumah sakit. Pasien gangguan jiwa yang terlantar di masyarakat lazimnya dibantu oleh dinas sosial setempat.
Gambar hanya ilustrasi

Penanganan gangguan kejiwaan di rumah sakit dalam jangka panjang bertujuan tidak hanya mencegah kekambuhan gejala pasien, namun juga melatih dan mendorong pasien dan keluarganya untuk menciptakan lingkungan yang suportif, tidak terpaku stigma, agar pasien dapat kembali hidup bermasyarakat.

Kesembuhan dan Kesehatan Anda dan keluarga Anda adalah Kebanggan bagi kami