Bangsal Teratai 2 merupakan ruangan perawatan pasien kandungan dan kebidanan. Ruangan ini disertai dengan tenpat tidur bayi  bagi ibu yang ingin dirawat gabung dengan bayinya.

Selain  dilengkapi alat kesehatan seperti USG dan alat kesehatan lainnya, Ruang teratai 2 juga ditangani oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan , serta tenaga Bidan profesional dan terlatih.

Rawat gabung merupakan perawatan bersama antara ibu dan bayinya. Mereka tinggal bersama selama 24 jam, segera setelah lahir sampai mereka meninggalkan rumah sakit.

Dengan Rawat Gabung, bayi dapat segera mendapatkan kolostrum (ASI pertama). Hubungan antara ibu dan bayi lebih dekat dan erat sehingga perangsangan ASI menjadi optimal. Di ruang Rawat Gabung, ibu dan ayah si bayi diberi kesempatan cara merawat bayinya segera sesudah melahirkan. Apalagi di ruang Rawat Gabung ibu dan ayah mendapatkan bimbingan dari petugas, sehingga bilamana mereka menemui masalah, mereka segera dapat menanyakannya kepada petugas. Hubungan yang erat dan dekat selaman 24 jam di ruang Rawat Gabung juga bermanfaat memacu(memberikan rangsangan) secara dini pertumbuhan dan perkembangan anak

Manfaat Untuk Bayi

  • Bayi segera mendapatkan kolostrum(air susu jolong pertama) ASI yang mengandung banyak zat kekebalan yang melindungi bayi dari penyakit infeksi terutama diare dan infeksi kulit.
  • Bayi mendapatkan makanan yang sesuai dengan pertumbuhannya.
  • Kemungkinan mendapatkan penyakit yang berasal dari rumah sakit berkurang.
  • Bahaya aspirasi(masukknya makanan/minuman lainnya kesaluran pernafasan berkurang, biasanya keadaanini terjadi karena susu botol.
  • Penyakit sariawan dapat dikurangi.
  • Penyakit alergi terhadap susu buatan dapat dikurangi.
  • Bayi lebih tenang.
 
 
[table “” not found /]

Manfaat Bagi Ibu

Rawat gabung bermanfaat unutk ibu baik ditinjau dari segi fisik, psikologi  maupun pemberian ASI.Dari segi fisik, rawat gabung menyebabkan kandungan cepat pulih kembali mencapai bentuk dan ukuran sebelum hamil sehingga dapat mengurangi pendarahan setelah melahirkan. Karena ibu merawat sendiri bayinya maka gerakan cepat pulih kembali.Dari segi psikologi, hubungan antara ibu dan anak lebih akrab dan ibu diberi kesempatan belajar merawat bayi sendiri, sehingga timbul rasa puas, percaya diri serta bertanggung jawab untuk merawat bayinya.