[table “” not found /]

Apa itu Perawatan Pasca Bedah?

Perawatan pasca bedah adalah prosedur rutin yang segera dilaksanakan setelah operasi dan biasanya akan terus dilakukan hingga pasien benar-benar pulih sepenuhnya.

Ada banyak alasan mengapa pasien harus menjalani pembedahan. Semua jenis operasi, baik yang rumit maupun tidak, selalu memiliki resiko tersendiri. Misalnya:

  • Rasa nyeri dan tidak nyaman – Obat bius digunakan sebelum operasi untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman, namun keduanya dapat terasa kembali ketika efek obat bius telah habis. Terkadang tingkat nyeri bisa sangat parah sehingga memengaruhi pergerakan dan membatasi aktivitas pasien.

  • Pendarahan – Pendarahan mungkin terjadi di sekitar luka, terutama ketika jahitan tidak terpasang dengan baik atau tidak sengaja terlepas. Walaupun tidak selalu berbahaya, ada beberapa kasus pendarahan yang menyebabkan pasien kehilangan banyak darah dan mematikan jaringan yang penting. Kasus seperti itu membutuhkan pertolongan medis secepatnya.

  • Infeksi – komplikasi umum operasi lainnya adalah infeksi, yang dapat terjadi akibat adanya bakteri pada fasilitas kesehatan.

[table “” not found /]