Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien (Pasal 46 UU Praktik Kedokteran)
 
Tujuan rekam Medis berdasarkan Hatta (1985) terdiri dari beberapa aspek diantaranya sebagai berikut:
  1. Aspek administrasi.
  2. Aspek Medis.
  3. Aspek Hukum.
  4. Aspek keuangan.
  5. Aspek penelitian.
  6. Aspek pendidikan.
  7. Aspek dokumentasi.
Fungsi rekam medis dijelaskan berdasarkan tujuan rekam Medis di atas, yang dijelaskan sebagai berikut, yaitu sebagai:
  1. Dasar pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien;
  2. Bahan pembuktian dalam perkara humum;
  3. Bahan untuk keperluan penelitian dan pendidikan;
  4. Dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan; dan
  5. Bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.
Manfaat rekam medis berdasarkan Permenkes Nomor 269/MenKes/Per/III/2008, tentang Rekam Medis adalah sebagai berikut:
  1. Pengobatan.
  2. Peningkatan Kualitas Pelayanan.
  3. Pendidikan dan Penelitian..
  4. Pembiayaan Berkas rekam medis
  5. Statistik Kesehatan Rekam medis
  6. Pembuktian Masalah Hukum,

Bagian Rekam Medik RSU Kota Banjar secara SDM terdiri dari  20 Orang kru 1 orang diantaranya lulusan D4 Rekam medik, 5 Orang Pendidikan D3, 1 Orang lulusan D1 dan 12 Orang tenaga Administrasi Rekam Medik,. Pendaftaran pasien buka 24 jam yang dibagi dalam 3 shift.

STANDAR PEMBUATAN MEDICO LEGAL ( VISUM ET REPERTUM, SURAT KEMATIAN, SURAT KETERANGAN DOKTER, )

– UU No 44 tahun 2014 Tentang RS
– Permenkes No 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis
– Kebijakan Direktur No. 445/2822-2825/MIRM/III/2018

Visum Et Repertum
1. Pengantar Pembuatan Visum et Repertum dari Pihak Kepolisian
2. Foto Copi Identitas ( KTP/KK/Paspor)
 
Pembuatan Keterangan Dokter
1. Foto Copi Identitas ( KTP/KK/Paspor)
2. Memo dari Dokter Spesialis yang ditujukan ke Instalasi Rekam Medis untuk dibuatkan Keterangan Dokter
Pembuatan Keterangan Kematian
1. Surat Penyerahan Jenazah
2. Foto Copi Identitas ( KTP/KK/Paspor)
Pembuatan Asuransi
1. Foto Copi Identitas ( KTP/KK/Paspor)
2. Formulir Isian dari Pihak Asuransi

Maksimal 3 Hari Kerja ( Kalau Dokter Pemeriksa tidak keluar kota )

Visum Et Repertum

  1. Menerima Surat Permintaan Pembuatan Visum Et Repertum dari Pihak Kepolisian
  2. Bagian Medico Legal Mencari Berkas yang akan dibuatkan Visum Et Repertum
  3. Apabila Berkas sudah ada, dibuatkan Surat Visum Et Repertum
  4. Setelah selesai dibuat lalu dilihatkan ke dokter yang memeriksa, apabila sudah benar ditanda tangan.
  5. Waktu pembuatan 3 Hari Kerja (Apabila Dokter pemeriksa tidak keluar kota)
  6. Setelah ditanda tangan dari bagian Medico Legal menelepon ke Pihak Kepolisian, memberitahukan bahwa Visum Et Repertum sudah selesai dan bisa dibawa (Tidak Bisa dibawa oleh pihak keluarga).

Pembuatan Keterangan Dokter

  1. Pihak Keluarga membawa Memo pembuatan keterangan dokter dari dokter spesialis ke bagian medico legal Instalasi Rekam Medis
  2. Bagian Medico Legal Mencari Berkas yang akan dibuatkan surat keterangan dokter
  3. Apabila sudah ada, dibuatkan surat keterangan dokter
  4. Setelah selesai dibuat lalu minta tanda tangan ke dokter
  5. Waktu pembuatan 3 hari kerja (Apabila Dokter pemeriksa tidak keluar kota)
  6. Setelah selesai dari bagian medico legal menelepon ke pihak keluarga bahwa surat keterangan kematian sudah bisa diambil.

Pembuatan Keterangan Kematian

  1. Pihak Keluarga membawa surat pengantar jenazah beserta foto copi identitas almarhum
  2. Bagian Medico Legal Mencari Berkas yang akan dibuatkan surat keterangan dokte
  3.  Apabila sudah ada, dibuatkan surat keterangan kematian
  4. Setelah selesai dibuat lalu minta tanda tangan ke dokter
  5. Waktu pembuatan 3 hari kerja (Apabila Dokter pemeriksa tidak keluar kota)
  6. Setelah selesai dari bagian medico legal menelepon ke pihak keluarga bahwa surat keterangan kematian sudah bisa diambil.

Pembuatan Asuransi

  1. Pihak Keluarga atau agen asuransi membawa foto copi identitas diri pasien dan formulir pengisian dari pihak asuransi
  2. Untuk yang di wakilkan (tidak oleh pasiennya sendiri harus melampirkan surat kuasa yang ditanda tangan diatas materai)
  3. Bagian Medico Legal Mencari Berkas yang akan dibuatkan / diisi formulir asuransinya.
  4. Apabila sudah ada, dibuatkan / diisi formulirnya
  5. Setelah selesai dibuat lalu minta tanda tangan ke dokter
  6. Waktu pembuatan 3 hari kerja (Apabila Dokter pemeriksa tidak keluar kota)
  7. Setelah selesai dari bagian medico legal menelepon ke pihak keluarga bahwa surat keterangan kematian sudah bisa diambil.

Sesuai Perda Walikota Banjar :

  • Rp. 42.000 untuk pembuatan Visum Et Repertum penganiyayaann, kecelakaan, Keterangan dokter, Keterangan kematian
  • Rp. 56.00 untuk Visum et repertum pencabulan/perkosaan

Medico Legal :
1. Visum et Repertum
2. Keterangan Dokter
3. Keterangan kematian
4. Pengisian Asuransi

  1. Komputer 1 Set
  2. Printer
  3. Meja
  4. Kursi
  1. Keahlian bisa Membaca tulisan dokter
  2. Keterampilan mengoperasikan Windows Office
  3. Pengalaman
  1. Ka. Bid Pelayanan
  2. Ka. Inst Rekam Medis

SMS/W.A/Telegram 08112111146

Website rsud.banjarkota.go.id

Sebanyak 3 orang. Untuk pengajuan Medico Legal sesuai jam kerja yaitu :
1. Hari Senin s/d Kamis jam 07.30 WIB sampai jam 14.00 WIB
2. Jumat jam 07.30 sampai 11.00 WIB
3. Sabtu jam 07.30 WIB sampai jam 12.00 WIB

  1. Pelayanan pembuatan medico legal diusahakan secepat mungkin
  2. Dilayani oleh petugas yang ramah, teliti, cekatan, sopan dan santun
  1. Kerahasiaan terjamin
  2. Personel yang kompeten
  3. Surat medico legal dibubuhi tanda tangan serta cap basah, sehingga dijamin keasliannya.
  4. Keselamatan dan kenyamanan dalam pelayanan sangat diutamakan bebas dari pungutan liar
  1. Rapat koordinasi sebulan sekali terkait pelaksanaan pelayanan
  2. Survey kepuasan pelanggan, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan.