Tata Tertib Menunggu dan Mengunjungi Pasien

  1. Menjaga norma susila dan sopan santun

  2. Menjaga dan memelihara kebersihan, keindahan dan ketertiban Rumah sakit.

  3. Tidak merokok di lingkungan Rumah Sakit.

  4. Tidak membawa anak dibawah umur 12 tahun

  5. Mematuhi jam kunjungan Rumah Sakit . Hari kerja dan Hari Libur : Pagi Pukul 10.00 s.d 11.00 WIB,  Sore Pukul 17.00 s.d 21.00 WIB

  1. Penunggu pasien tidak lebih dari 2 (dua) orang

  2. Menggunakan kartu identitas penunggu pasien

  3. Menggunakan tanda pengenal untuk pengunjung pasien

  4. Apabila kartu penunggu atau pengunjung hilang, dikenakan biaya administrasi Rp. 20.000,-

  5. Jika pasien dalam keadaan gawat, pasien boleh ditunggu oleh keluarga pasien dan Perawat Rohani.

  6. Penunggu Tidak boleh duduk/berbaring/tidur di tempat tidur Pasien

  7. Tidak membawa perhiasan, barang berharga dan uang berlebihan. Jika hilang, pihak Rumah Sakit tidak bertanggung jawab.

  8. Pengunjung tidak boleh berada diruang perawatan bayi/Ponek sewaktu pemeriksaan dokter kecuali jika diperlukan sehubungan dengan kondisi kesehatan pasien (gawat)

  9. Tidak membawa pulang fasilitas (barang milik) Rumah Sakit.

  10. Tidak mencuci pakaian di ruang perawatan/kamar mandi pasien, kecuali mencuci/menjemur di tempat yang telah disediakan Rumah Sakit.

  11. Tidak mengganggu barang invetaris Rumah Sakit

  12. Bertanggung jawab atas kerusakan barang/alat inventaris Rumah sakit yang ditimbulkan pasien atau pengunggu pasien/keluarga

  13. Ketika pasien pulang/keluar dari ruang perawatan, semua barang inventaris Rumah Sakit diserahkan kepada petugas.

Hak Pasien Sesuai pasal 32 Undang-undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit :

  1. Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit;memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.

  2. Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien

  3. Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi

  4. Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional

  5. Memperoleh layanan yang efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi

  6. Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang didapatkan

  7. Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit

  8. Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktik (SIP) baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit.

  9. Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya

  10. Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan, risiko dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya pengobatan

  11. Memberikan persetujuan atau men olak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit yang dideritanya.

  12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis

  13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya

  14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit

  15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan Rumah Sakit terhadap dirinya

  16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya

  17. Menggugat dan/atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar baik secara perdata ataupun pidana.

  18. Mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik sesuai dengan ketentuan

Kewajiban pasien (Sesuai pasal 28 Permenks No.69 Tahun 2014 tentang Kewajiban pasien Rumah sakit dan Kewajiban Pasien):

  1. Mematuhi peraturan yang berlaku di Rumah Sakit

  2. Menggunakan fasilitas Rumah Sakit secara bertanggung jawab.

  3. Menghormati hak-hak pasien lain, pengunjung dan hak tenaga kesehatan serta pertugas lainnya yang bekerja di Rumah Sakit.

  4. Memberikan informasi yang jujur, lengkap, dan akurat sesuai kemampuan dan pengetahuannya tentang masalah kesehatannya.

  5. Memberikan informasi mengenai kemampuan finansial dan jaminan kesehatan yang dimilikinya.

  6. Mematuhi rencana therapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit dan disetujui oleh pasien yang bersangkutan setelah menapatkan penjelasan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

  7. Menerima segala konsukuensi atau keputusan pribadinya untuk menolak rencana therapi yang direkomendasikan oleh tenaga kesehatan dan / atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan dalam rangka penyembuhan penyakit atau masalah kesehatannya.

  8. Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima

  1. Tanyakan dulu apakah Pasien bersedia untuk dikunjungi pembesuk.

  2. Tanyakan juga kepada Petugas  apakah Pasien bisa dikunjungi atau tidak

  3. Pastikan berkunjung sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan pihak Rumah Sakit.

  4. Tidak datang secara berbondong-bondong ke ruangan rawat inap.

  5. Menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah dari rumah sakit; sebelum dan setelah masuk bangsal rumah sakit, dan berinteraksi dengan pasien saat menjenguk; serta sebelum dan setelah menyentuh peralatan medis apapun.

  6. Membersihkan tangan dengan semprotan alkohol.

  7. Mengenakan perlengkapan yang sesuai, seperti tutup kepala, masker, dan sarung tangan, jika ingin memasuki ruang-ruang tertentu di rumah sakit.

  8.  Setelah pulang dari menjenguk, biasakan untuk langsung mengganti dan mencuci seluruh pakaian yang kita pakai saat jenguk kemudian  mandi

Liputan Pada Jam Kerja
Senin s.d Kamis Jam 07.00 s.d 14.00 WIB
Jum,at s.d Sabtu Jam 08.00 s.d 13.00 WIB
  1. Awak media bila mau mengadakan liputan berita / Gambar harap lapor ke bagian manajemen / Humas
  2. Manajemen / Humas menginformasikan kepada unit terkait dan meminta izi untuk meliput berita / gambar yang dimaksud
  3. Kepada unit memberin informasi dalam hal peliputan kepada pasien dan keluargana bahwa akan diliput gambar dan atau beritanya setelah mendapat izin kepala ruangan menginformasikan kembali kepada manajemen / humas terkait izin peliputan yang dimaksud.
  4. Awak media diperbolehkan meliput berita dan atau gambar setelah mendapat izin dan diantar oleh manajemen / Humas atau yang mewakili.
  5. Awak Media harus menggunakan Uniform dan ID Card resmi dalam melaksanakan peliputan Berita.
Liputan Waktu Emergency:
  1. Awak media bila mau mengadakan liputan berita atau gambar harap lapor / izin ke Perawat supervisi / Dokter jaga
  2. Perawatn Supervisi / Dokter jaga memberikan informasi kepada awak media waktu pengambilan berita/gambar atas izin Pasien / keluarga dekat pasien.
  3. Awak media harus menggunakan Uniform dan ID Card resmi dalam melaksanakan peliputan Berita/gambar.
Pimpinan BLUD 
Direktur RSU Kota Banjar
TTD
H. Herman, dr.,M.Kes
NIP. 1960324 198803 1 007

 

 
(Visited 330 times, 1 visits today)