IGD 24 Jam

Kondisi gawat darurat baik yang menyangkut aspek medis ataupun non medis dapat terjadi pada siapa saja dan dimana saja dimana dalam keadaan seperti itu sangat dibutuhkan tindakan medis dan perawatan yang Profesional
 
IGD RSU Kota Banjar siaga 24 jam, merupakan salah satu unit pelayanan terdepan yang memberikan pelayanan pada pasien emergency yang didukung dengan SDM serta fasilitas yang memadai.
 
Motto IGD ” Kesembuahan, Keselamatan serta Kepuasan Pasien adalah Kebanggan Kami”

Sumber Daya Manusia :

  1. Dokter jaga 10 Orang yang terbagi dalam 3 Shift serta didukung oleh Dokter Spesialis sebagai Dokter Konsulen
  2. Perawat Profesional  22 Orang
  3. Bidan 5 Orang
  4. Petugas Portir 3 Orang
  5. Petugas Admiinistrasi 3 Orang

Peralatan Medis :

  1. Monitor Tanda-tanda Vital adalah alat yang berfungi memonitor tanda-tanda vital pasien secara kontinyu
  2. Defibrilator yaitu  stimulator detak jantung yang menggunakan listrik dengan tegangan tinggi untuk memulihkan korban serangan jantung
  3. Ventilator  yaitu suatu alat yang digunakan untuk membantu sebagian atau seluruh proses ventilasi untuk mempertahankan oksigenasi.
  4. Monitor SPo2 adalah  montior untuk memantau kadar oksigen pasien di dalam darah
  5. Suction merupakan alat bantu  tindakan untuk membersihkan jalan nafas dengan memakai kateter penghisap melalui nasotrakeal tube (NTT), endothrakeal tube (ETT), traceostomy tube(TT) pada saluran pernafasan bagian atas
  6. Infus Pump yaitu perangkat medis yang digunakan untuk memberikan cairan kedalam tubuh pasien dalam jumlah besar atau kecil, dan dapat digunakan untuk memberikan nutrisi atau obat, seperti insulin atau hormone lainnya, antibiotic, obat kemoterapi, dan penghilang rasa sakit dengan cara yang terkendali
  7. LSB (Long Spine Board) merupakan alat yang digunakan pada pertolongan gawat darurat yang dilengkapi dengan safety belt
  8. Central Oksigen

Pelayanan Pasien  Gawat Darurat

  1. KTP atau Kartu identitas lainnya
  2. Kartu Berobat bila sudah pernah berobat ke RSU Kota Banjar
  3. Jika anda Peserta BPJS/KIS siapkan Kartu yang asli
  4. Jika anda Peserta Jamkesda/SKTM Perlihatkan yang asli kepada petugas.
  5. Surat rujukan atau pengantar, kecuali bagi pasien gawat darurat
  1. Pendafataran
  2. Pasien Masuk ruang Triage
  3. Dilakukan Pemeriksaan Dokter jaga dan menentukan status kegawatan Pasien.
  4. Pasien ditempatkan berdasarkan hasil pemeriksaan Dokter.
  5. Pasien segera ditangani oleh Dokter dan Perawat.
  6. Pemeriksaan Penunjang (Radiologi dan Laboratorium)
  7. Pemberian Therapi/Resep Obat
  8. Pasien dikonsultasikan ke Dokter Spesialis jika diperlukan
  9. Pasien ditindaklanjuti sesuai hasil pemeriksaan dan konsultasi dokter spesialis (Boleh pulang, dirujuk, dirawat dan diobservasi).
  10. Bagi keluarga pasien atau pasien itu sendiri yang menolak tindakan medis, diwajibkan mengisi dan mendandatangai surat penolakan tindakan medis.
  11. Penyelesaian Admisnistrasi
  12. Pasien pulang sesuai indikasi, jika pasien pulang Paksa harus mengisi dan menandatangani formulir yang telah disediakan .

maksimal 5 Menit

Sesuai dengan Peraturan Walikota Banjar

0265-741032

Top